1. VISI DAN MISI

Visi: 

Menjadi Program Studi Pendidikan  Sosiologi dan  Antropologi berbasis lokal dan bertaraf internasional pada tahun 2020

Misi:

  1. Mendidik mahasiswa menjadi warga Negara yang religius, nasionalis, jujur, peduli, toleran, demokratis, santun, cerdas, tangguh dan bertanggung jawab.
  2. Menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik profesional di bidang  sosiologi dan antropologi, yang memiliki kemampuan mengajar di sekolah berstandar internasional
  3. Mengembangkan soft skill mahasiswa dalam bidang kepemimpinan, kewirausahaan dan kreativitas untuk mendukung peningkatan kemandirian lulusan.
  4. Menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan (ilmu pengetahuan) sosiologi dan antropologi serta kependidikan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  5. Mengembangkan kehidupan sosial yang harmonis, mampu bekerjasama dan menciptakan keselarasan sosial dijiwai oleh nilai sosial dan etika yang bersumber pada budaya bangsa.

 

2. SEJARAH SINGKAT

Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi diselenggarakan pertama kali pada 1 September 2001, pada awalnya berada di bawah naungan Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembentukan Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi di Jurusan Sejarah diperkuat dengan diterbitkannya Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 139/D/T/2002 tanggal 25 Januari 2002. Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi mulai menerima mahasiswa sejak tahun akademik 2001/2002.

Pada tanggal 25 Oktober 2004, secara resmi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi memisahkan diri dari Jurusan Sejarah bersamaan dengan dikeluarkannya SK Rektor UNNES No. 143/O/2004. Saat ini Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi menjadi program studi di bawah Jurusan Sosiologi dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pada kesempatan akreditasi pada tahun 2013 Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi mendapatkan akreditasi A (Amat Baik) sesuai dengan SK BAN PT No: 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 dan berlaku sampai  21 September 2018.

 

3. PENGELOLA JURUSAN

struktur organisasi

 

4. SUMBER DAYA MANUSIA

Jurusan Sosiologi dan Antropologi dikelola oleh 22 orang dosen, dengan bidang keahlian masing-masing di bidang ilmu sosial dan budaya. Dosen-dosen di Jurusan Sosiologi dan Antropologi telah memenuhi standar kualifikasi Strata 2 sebanyak 11 dosen, 3 dosen sedang menempuh program doktoral di dalam negeri, 2 dosen sedang menempuh program doktoral Double Degree, 2 dosen sedang menempuh program doktoral di luar negeri, 3 orang doktor, dan 1 guru besar (profesor).

Data lebih detail dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

SDM 1

SDM 2 copy

SDM 3a copy

Sekilas tentang Profil Jurusan Sosiologi dan Antropologi dapat disaksikan pada video di bawah ini.

 

Alamat Kontak :

Kantor Jurusan Sosiologi dan Antropologi | Gedung C7 lantai 1 Fakultas Ilmu Sosial | Universitas Negeri Semarang | Kampus Unnes Sekaran, Kec. Gunungpati 50229 Kota Semarang | Telp. (024) 8508013 | Email: sosant@mail.unnes.ac.id