Profil Jurusan SosAnt

1. Visi Misi Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan  Sosiologi dan  Antropologi berbasis lokal dan bertaraf internasional pada tahun 2020

Misi

Mendidik mahasiswa menjadi warga Negara yang religius, nasionalis, jujur, peduli, toleran, demokratis, santun, cerdas, tangguh dan bertanggung jawab.

  1. Menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik profesional di bidang  sosiologi dan antropologi, yang memiliki kemampuan mengajar di sekolah berstandar internasional
  2. Mengembangkan soft skill mahasiswa dalam bidang kepemimpinan, kewirausahaan dan kreativitas untuk mendukung peningkatan kemandirian lulusan.
  3. Menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan (ilmu pengetahuan) sosiologi dan antropologi serta kependidikan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  4. Mengembangkan kehidupan sosial yang harmonis, mampu bekerjasama dan menciptakan keselarasan sosial dijiwai oleh nilai sosial dan etika yang bersumber pada budaya bangsa.

 

2. SEJARAH SINGKAT

Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi diselenggarakan pertama kali pada 1 September 2001, pada awalnya berada di bawah naungan Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembentukan Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi di Jurusan Sejarah diperkuat dengan diterbitkannya Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 139/D/T/2002 tanggal 25 Januari 2002. Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi mulai menerima mahasiswa sejak tahun akademik 2001/2002.  Program studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi pada waktu itu terakreditasi C, sesuai dengan SK. 06553/Ak-VIII-S1-022/IKSCSA/VI/2004 tanggal 17 Juni 2004. pada tahun 2008 terakreditasi B sesuai dengan SK. 001/BAN-PT/Ak-X1/S1/IV/2008tanggal 18 April 2008.

Pada tanggal 25 Oktober 2004, secara resmi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi memisahkan diri dari Jurusan Sejarah bersamaan dengan dikeluarkannya SK Rektor UNNES No. 143/O/2004. Saat ini Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi menjadi program studi di bawah Jurusan Sosiologi dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pada kesempatan akreditasi kedua tahun 2008 Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi mendapatkan akreditasi B sesuai dengan SK. 001/BAN-PT/Ak-X1/S1/IV/2008 ,Tanggal 18 April 2008.

Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi sampai saat ini telah meluluskan delapan periode wisuda, yaitu periode II tahun 2005/2006, periode I tahun 2006/2007, periode II tahun 2006/2007, dan periode I tahun 2007/2008 dan Periode II tahun 2007/2008, Periode I tahun 2008/2009, Periode II 2008/2009, Periode I & II 2009/2010 serta periode I 2010/2011

 

3. PIMPINAN JURUSAN DAN STRUKTUR ORGANISASI

PIMPINAN JURUSAN

Ketua Jurusan                   : Drs. MS. Mustofa, MA

Sekretaris Jurusan             : Dra. Elly Kismini, M.Si

Ketua Laboratorium          : Kuncoro Bayu Prasetyo, S.Ant, MA

 

 

4. SUMBER DAYA MANUSIA

A.    TENAGA PENGAJAR DAN TENAGA PENDUKUNG

TENAGA PENGAJAR

No. Nama Bidang Studi/Keahlian
1. Drs. Adang Syamsudin S., M.Si Perubahan Sosial Budaya
2. Dra. Elly Kismini, M.Si Sosiologi Pendidikan
3. Dra. Rini Iswari, M.Si Sosiologi Gender
4. Drs. MS. Mustofa, MA Antropologi Ekonomi
5. Prof. Dr. Tri Marhaeni PA., M.Hum Antropologi Gender
6. Drs. Totok Rochana, MA Etnografi
7. Dra. Thriwaty Arsal, M.Si Teori Sosiologi
8. Nugroho Trisnu Brata, S.Sos, M.Hum Teori Antropologi
9. Kuncoro Bayu Prasetyo, S.Ant, MA
Antropologi Kesehatan
10. Antari Ayuning Arsi, S.Sos Statistik Sosial
11. Hartati Sulistyorini, S.Sos, MA
Sosiologi Indonesia
12. Nurul Fatimah, S.Pd, M.Si
Pendidikan Sosiologi
13. Gunawan, S.Sos, M.Hum Antropologi
14. Fadly Husain, S.sos, M.Si Antropologi
15. Asma Luthfi, S.Th.I., M.Hum Antropologi
16. Atika Wijaya, S.AP., M.Si Sosiologi
17 Moh. Yasir Alimi, MA., Ph.D Sosiologi
18 Oktaviani AS., S.Pd, M.Pd
Pendidikan Antropologi
19.

 

20

21

Fajar, S.Pd

 

Tri Astuti, S.Pd

Ninuk Akhiroh, SS, M.Hum

Pendidikan Sosiologi

 

Pendidikan Sosiologi

Bhs Inggris

 

TENAGA PENDUKUNG

No Nama Tugas
1 Rokhmawati, S.Pd, MH Tata Usaha
2 A.H. Shobri, S.Pd, M.Pd Laboran / Teknisi
3 Lusiana, SH Pustakawan

 

B.     PROFIL MAHASISWA

Sampai dengan tahun 2011/2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar pada Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi sebanyak 420 mahasiswa, dengan perincian sbb:

Mahasiswa Prodi Sosiologi dan Antropologi Tahun Masuk 2006 – 2011

Tahun Masuk Jumlah Terdaftar Masih Aktif Lulus

2006

142

8

134

2007 90 17 73

2008

89

23

66

2009

78

78

-

2010

98

98

-

2011

196

196

-

TOTAL

693

420

273

 

Kegiatan ekstra-kurikuler yang dilakukan secara terencana dan terprogram diwadahi melalui Himpunan Mahasiswa (HIMA). Melalui wadah HIMA telah dirancang kegiatan-kegiatan selama satu tahun. Kegiatan yang dirancang dan disusun   menjadi tanggung jawab masing-masing departemen. Di HIMA Program Studi Sosiologi dan Antropologi terdapat lima departemen, yaitu : Departemen A menangani bidang Penalaran, Departemen B menangani bidang Seni, Olah Raga dan Keterampilan, Departemen C menangani bidang Advokasi, Departemen D menangani bidang Politik, Sosial dan Budaya, dan Departemen E menangani bidang Pengkaderan.

C.        DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH PRODI PENDIDIKAN SOSANT

NAMA MATA KULIAH DESKRIPSI SINGKAT MK
Pendidikan Pancasila Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang bagaimana membina nilai, sikap, dan prilaku yang bersumber pada pancasila, hakikat Pacasila, filsafat Pancasila, nilai-nilai Pancasila, Pendalaman P4, latihan menganalisis masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan Pancasila, latihan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kasus-kasus kehidupan, Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, Garis-Garis Besar Haluan Negara.
Pendidikan Agama

 

(Islam, Kristen, Katolik, Hindu, & Budha)

Mencakup materi : Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan (keimanan dan ketaqwaan, filsafat ketuhanan); Manusia (hakikat manusia, martabat manusia, dan tanggungjawab manusia); Hukum (Menumbuhkan kesadaran untuk taat hokum agama, fungsi profetik agama dalam hokum); Moral (agama sebagai sumber moral dan ahlak mulia dalam kehidupan; dan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (iman, ipteks dan amal sebagai kesatuan, kewajiban menuntut dan mengamalkan ilmu, dan tanggungjawab ilmuwan dan seniman) serta Kerukunan antar ummat beragama (agama merupakan rahmat Tuhan bagi semua, kebersamaan dalam pluralitas beragama); Masyarakat (masyarakat beradab dan sejahtera, peran ummat beragama dalam mewujudkan masyarakat beradab dan sejahtera, hak asasi manusia dan demokrasi); Budaya (Budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka, dan adil menurut agama); Politik ( kontribusi agama dalam kehidupan berpolitik, peranan agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa).
Pendidikan Kewarganegaraan Mata kuliah ini mencakup materi tentang : Filsafat Pancasila (Pancasila sebagai system filsafat, pancasila sebagai ideology bangsa dan Negara); Identitas Nasional (Karakteristik identitas nasional, proses berbangsa dan bernegara); Politik dan Strategi (Sistem konstitusi, system politik dan ketatanegaraan Indonesia); Demokrasi Indonesia (Konsep dan prinsip demokrasi, Demokrasi dan pendidikan demokrasi); Hak Asasi Manusia dan Role of Law; Hak dan Kewajiban warga Negara Indonesia; Geopolitik Indonesia (wilayah sebagai ruang hidup, otonomi daerah); dan Geostrategi Indonesia (Konsep Asta Gatra, Indonesia dan perdamaian dunia)
Filsafat Ilmu Memberikan pemahaman mengenai pengertian filsafat, hubungan filsafat, dan ilmu pengetahuan, obyek filsafat, cabang filsafat serta aliran-aliran filsafat.
Bhs Indonesia Mata kuliah ini mencakup materi : Kedudukan bahasa Indonesia (sejarah bahasa Indonesia, bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, bahasa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, fungsi dan peran bahasa Indonesia dalam pembangunan bangsa); Menulis (makalah, rangkuman/ringkasan buku atau bab, dan resensi buku); Membaca untuk menulis (membaca tulisan/artikel ilmiah, membaca tulisan popular, mengkases informasi melalui internet); Berbicara untuk keperluan akademik (presentasi, berseminar, dan berpidato dalam situasi formal).
Statistika Pada mata kuliah statistika ini akan diberikan dasar-dasar pengetahuan statistik dengan penekanan pada kemahiran akan aplikasinya. Mahasiswa tetap akan ditutut mahir dalam menyusun data (statistik deskriptif) dan menginterpretasikan data guna menganalisis suatu masalah sehingga dapat ditarik kesimpulan yang berlaku umum menurut kajian statistik inferensial.
Bhs Inggris Mata Kuliah ini berisi tentang bagaimana membaca, menerjemahkan dan memahami teks bacaan berbahasa Inggris, mendalami pokok bacaan dan mendalami bentuk kata dalam materi ajar dan sumber ajar sosiologi dan antropologi.
Pengantar Ilmu Pendidikan Mata kuliah ini berisi pengertian tujuan, dan unsur-unsur pendidikan, landasan hukum pendidikan di Indonesia, landasan filsafat pendidikan, serta landasan sosial budaya termasuk sosiologi dan pendidikan, kebudayaan dan pendidikan, masyarakat dan sekolah, serta masyarakat Indonesia dan sekolah.
Psikologi Pendidikan Mata kuliah ini mencakup materi : prinsip dasar umum perilaku (relevansi konsep-konsep dasar psikologis dengan kompetensi professional kependidikan, motivasi dan dinamika perilaku manusia, keragaman dalam  kecakapan dan kepribadian serta factor-faktor yang mempengaruhinya); prinsip dasar perkembangan perilaku dan pribadi (konsep dasar, proses, tahapan dan beberapa hukum perkembangan perilaku dan pribadi, aspek-aspek perkembangan perilaku dan pribadi, perilaku dan pribadi remaja serta permasalahannya); prinsip dasar proses belajar-mengajar (konsep dasar belajar-mengajar, dasar-dasar perumusan tujuan dan evaluasi belajar-mengajar, dan dasar-dasar strategi belajar mengajar); dan prinsip dasar bimbingan belajar
Manajemen Sekolah Memberikan pengetahuan tentang konsep dasar manajemen sekolah terutama fungsi-fungsi manajemen sekolah, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, serta teori-teori manajemen dan organisasi sekolah.
Bimbingan Konseling Mata kuliah ini meliputi pemahaman teori dan konsep bimbingan konseling, manajemen BK, pemahaman jenis-jenis layanan seperti layanan klasikal, kelompok dan individual. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman dan keterampilan dalam memecahkan masalah-maslah peserta didik.
Perencanaan pembelejaran* Berupaya mempelajari serta memahami berbagai prinsip, konsep dan berbagai teori pembelajaran yang aktual untuk diaplikasikan dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya perencanaan dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar    di sekolah.
Strategi Belajar Mengajar** Mata kuliah ini mengkaji model-model mengajar bidang studi Sosiologi dan Antropologi, unsur-unsur keterampilan mengajar (teaching skill) Sosiologi dan Antropologi, dan mengaplikasikan dalam bentuk simulasi atau pengajaran terbatas sesuai dengan kriteria tujuan pengajaan, strategi belajar-mengajar, pengorganisasian bahan, dan metode pengajaran.
Evaluasi Pembelajaran Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai prosedur, teknik, dan pendekatan penilaian terhadap program, proses, dan hasil pembelajaran, serta implementasinya terhadap upaya perbaikan program dan proses pembelajaran Sosiologi dan Antropologi di sekolah.
Metode Penelitian Pendidikan Mata kuliah ini membahas pengertian metode penelitian, jenis-jenis penelitian, cara mukan dan merumuskan masalah, landasan teori dan perumusan hipotesis, populasi dan teknik-teknik penarikan sampel, variabel penelitian, alat dan teknik pengumpulan data, validitas dan reliabelitas data, dan teknik analisis data.
Telaah Kurikulum Mata kuliah ini mencakup topik-topik pengertian, fungsi, dan tujuan kurikulum, kurikulum sebagai suatu sistem, pendekatan-pendekatan dalam kurikulum, prinsip-prinsip kurikulum, model pengembangan, struktur dan komponen kurikulum, pengembangan bahan ajar sosiologi.
Pengantar Ilmu Sosial Mata kuliah ini berisi pengertian tentang latar belakang dan ruang lingkup ilmu sosial, hakekat ilmu pengetahuan, paradigma dalam ilmu sosial (fakta sosial, definisi sosial, perilaku sosial), Tinjauan ilmu sosial dilihat dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis yang tergabung dalam ilmu-ilmu sosial (ilmu politik, sosiologi, antropologi, sejarah, psikologi sosial, ekonomi), serta bagaimana pentingnya pendekatan ilmu sosial
Studi Masyarakat Indonesia Mata Kuliah Studi Masyarakat Indonesia adalah kajian objektif mengenai sistem sosial budaya masyarakat Indonesia yang heterogen tetapi memiliki berbagai persamaan yang sering disebut sebagai masyarakat majemuk. Mengkaji bebagai konsep masyarakat serta kebudayaannya, baik secara teoritis maupun faktual yang terjadi dalam kaitannya dengan proses integrasi sosial budaya masyarakat Indonesia
Pendidikan IPS Mata kuliah ini meliputi pengertian ilmu social, ilmu pengetahuan social dan pendidikan IPS. Pemahaman tujuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, yang meliputi: a) menjelaskan tujuan pendidikan IPS di beberapa negara di dunia; b) menjelaskan tujuan pendidikan IPS di Indonesia; c) menjelaskan tujuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial secara komprehensif. Analisis kendala pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah.
Pengantar Sosiologi Mata Kuliah ini membahas pengertian dan konsep sosiologi, kelompok-kelompok sosial, relasi sosial dan proses sosial, pelapisan sosial, kekuasaan dan wewenang, kebudayaan dan masyarakat, mobilitas sosial, dan perubahan sosial dan budaya yang terjadi di dalam masyarakat, yang mana masyarakat merupakan obyek kajian sosiologi.
Pengantar Antropologi Mata kuliah ini menjelaskan tentang Antropologi sebagai disiplin ilmu pengetahuan dalam rumpun ilmu-ilmu sosial, di dalamnya menjelaskan tentang ruang lingkup, perkembangan dan cabang-cabang Antropologi, konsep-konsep, metode kerja dan peranan Antropologi dalam kehidupan umat manusia.
Praktek Laboratorium Laboratorium merupakan tempat di mana peserta didik dapat meningkatkan pemahaman tentang berbagai materi perkuliahan terutama aspek psikomotor.
Met Penelitian Kuantitatif** Mata kuliah ini berisi paradigma kuantitatif rasional empirik obyektif dan paradigma kuantitatif obyektif untuk ilmu sosial. Mata kuliah ini mempelajari logika matematika yang terdiri atas, fris order of logic; teori probabilitas; variabel random dan probabilitas; data ramdomnes; statistik inferensial; metodologi pengumpulan data; populasi dan sampling; dan kualitas instrumen.
Met Penelitian Kualitatif Matakuliah ini berisi uraian tentang dasar-dasar penelitian  dalam sosiologi & antropologi yang bercirikan penelitian kualitatif, meliputi pendekatan, prosedur penelitian kualitatif dalam antropologi, mencakup penentuan  masalah, tinjauan pustaka, metode pengumpulan data (khususnya observasi partisipasi & wawancara mendalam), metode analisis data dan penyusunan laporan.
Sosiologi Indonesia Mata kuliah ini menjelaskan konsep-konsep dasar Sosiologi serta memberikan gambaran mengenai gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat Indonesia.
Sosiologi Pedesaan & Kota Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian, fungsi, pembentukan, pertumbuhan,  karakteristik masyarakat, pemukiman penduduk, dan berbagai problema, baik yang terjadi di kota, maupun di desa.
Lembaga-Lembaga Sosial Mata Kuliah Lembaga – Lembaga Sosial akan membahas tentang pengertian lembaga-lembaga sosial, fungsi lembaga sosial, karakteristik lembaga sosial, jenis-jenis lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga social.
Perubahan Sosial Budaya Mata kuliah ini membahas tentang hakekat perubahan yang terjadi pada kehidupan sosial manusia, implikasinya terhadap ketertiban sosialdan bagaimana warga masyarakat yang bersangkutan berpartisipasi di dalamnya.
Konflik & Integrasi Nasional Pemahaman tentang berbagai teori integrasi dan konflik yang ada dari berbagai tokoh sosiologi serta  hubungannya dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat.
Statistik Sosial* Mata kuliah ini mempelajari berbagai prosedur dan teknik analisis statistik, baik statistik deskriptif, seperti: pembuatan distribusi frekuensi dan grafiknya, ukuran tendensi sentral, dan pengukuran variabilitas; maupun statistik inferensial, seperti: analisis korelasional, komparasional, dan regresi.
Teori Sosiologi Klasik* Mata kuliah teori sosiologi I akan membahas tentang pengertian dan konsep-konsep sosiologi klasik, teori sosiologi klasik, perkembangan teori sosiologi klasik, paradigma dalam sosiologi, pembentukan teori sosiologi dan konsep pemikiran para tokoh sosiologi.
Teori Sosiologi Modern** Pemahaman tentang teori-teori sosiologi dari pertengahan abad 20 hingga teori-teori modernitas kontemporer.
Sosiologi Pendidikan Menganalisis tentang proses sosial dan pola-pola sosial yang terdapat dalam sistem pendidikan.
Sosiologi Gender Mata Kuliah Sosiologi Gender ini membahas tentang pengertian gender dan ketidakadilan, teori feminisme dan gerakan feminisme, gender dalam perspektif  sosial budaya, pembangunan dan gender, gender dan transformasi sosial budaya, serta menilai kembali peran perempuan.
Sosiologi Agama Mata Kuliah ini membahas mengenai pengertian dan konsep-konsep Sosiologi Agama, Agama dan Masyarakat, Fungsi Agama dalam Masyarakat, serta Agama dan Perubahan Sosial.
Sosiologi Ekonomi Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian sosiologi, aspek buadaya dalam tindakan ekonomi, produksi dan struktur klas, moral ekonomi dan tindakan sosial, pasar, konsumsi dan gaya hidup, ekonomi informal, uang, perubahan struktur ekonomi, serta pembagian kerja.
Sosiologi Pembangunan Mata kuliah ini membahas mengenai konsep-konsep dasar ciri-ciri masyarakat  pra modern dan masyarakat sedang  berkembang, modernisasi sebagai gejala sosial, teori-teori pembangunan, kondisi ekonomi pembangunan pertanian di Indonesia, serta  hutang luar negeri.
Kapita Selekta Sos-Ant Mata  kuliah ini berisi materi pilihan dari serangkaian mata kuliah bidang studi pada jurusan sosiologi dan antropologi mengenai penyimpangan pada masyarakat, perilaku kolektif, lembaga sosial, stratifikasi secara seksual, keluarga dalam era globalisasi, perkembangan ekonomi masyarakat, kebudayaan, masyarakat, agama, pembangunan dan kearifan tradisional di era modernisasi.
Seminar Membahas tentang dasar, maksud dan berbagai bentuk pertemuan ilmiah serta praktek seminar proposal skripsi.
Skripsi Mata kuliah ini merupakan tugas akhir individu yang harus diselesaikan oleh  mahasiswa, diawali dengan mengajukan proposal penelitian dan mengkonsultasikan hasil penelitiannya kepada pembimbing yang telah ditunjuk oleh program studi. Diharapkan mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengawasi, menilai dan menulis sendiri tugas akhir dengan menggunakan prinsip, teori, pendekatan metodologi yang sesuai dan konsisten dengan obyek permasalahan yang diteliti, sehingga mampu menuliskan tugas akhir secara mandiri dan profesianal dengan cara yang memenuhi syarat dan ciri-ciri ilmiah dari sebuah tugas akhir (skripsi) sebagai hasil penelitian. Tugas akhir ini menjadi prasyarat  untuk mendapatkan gelar Sarjana  Strata Satu pendidikan Sosiologi & Antropologi.
KKL 1 & 2 Mata kuliah ini mengkaji pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang meliputi merancang kegiatan KKL, persiapan KKL, pelaksanaan KKL, dan evaluasi pelaksanaan KKL
PPL 1 & 2 Mata kuliah ini merupakan paktek lapangan yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai dan sikap pengetahuan dan keterampilan profesional serta mengitegrasikan dan mengiplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktek keguruan. Pada mata kuliah ini mahasiswa disebar ke sekolah-sekolah yang yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Kewirausahaan Mata kuliah ini berisi pemahaman fungsi-fungsi utama wiraniaga, karakteristik wirausahawan, manajemen penjualan, personal selling, perencanaan usaha, perusahaan kecil, waralaba, manajemen pemasaran & distribusi produk,, strategi penerapan harga, periklanan dan promosi, sumber modal usaha serta mmanajemen sumber daya manusia
Kepemimpinan Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami makna kepemimpin, hakekat kepemimpinan, syarat-syarat dan tipe-tipe kepemimpinan.Disamping itu mata kuliah ini juga akan mengkaji tentang kepemimpinan kepala sekolah yang berfungsi sebagai managerial, integrator, dan problem solver.
Pemberdayaan Masyarakat Mata kuliah ini berisi tentang konsep pemberdayaan masyarakat serta metode-metode dan strategi yang sering dipergunakan para ahli dalam pemberdayaan masyarakat.
Praktik Produksi Media Mata kuliah ini berisi tentang sejarah media dan aplikasi produksi media baik dalam bentuk video/film maupun macromedia flash mulai dari penulisan naskah produksi, pengambilan gambar dan editing.
Jurnalistik Mata kuliah ini berisi tentang sejarah jurnalisme, jurnalistik dan berita, penulisan berita dengan analisa framing, teknik wawancara, menulis artkel ilmiah dan feature serta tantangan yang dihadapi oleh para jurnalis.
Penulisan Karya Ilmiah Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pengertian karya tulis ilmiah, tata tulis karya ilmiah serta mempraktekkan keterampilan menulis karya ilmiah.
Sosiologi Kesehatan Mata Kuliah ini membicarakan konsep-konsep dasar, serta model-model pendekatan dan ruang lingkup sosiologi kesehatan. Mencakup pula penggunaan pendekatan sosiologi di dalam menganalisis gejala kesehatan di dalam masyarakat, antara lain peran sakit, dunia medis yang telah dikuasai kapitalisme, bagaimana fasilitas lembaga layanan kesehatan, pengaruh manusia, kesehatan, dan lingkungan , kesehatan mental di dalam masyarakat, kesehatan wanita, dan keberadaan asuransi kesehatan.
Antropologi Indonesia Antropologi Indonesia berisi uraian tentang perkembangan antropologi yang mula – mula berkembang di Eropa dan Amerika kemudian berkembang hingga ke Indonesia, pemikiran – pemikiran ahli–ahli antropologi tentang Indonesia, baik oleh sarjana antropologi asing maupun Indonesia, dan perkembangan antropologi sebagai disiplin ilmu di Indonesia.
Antropologi Gender Mata kuliah Antropologi Gender ini membahas te ntang pengertian Gender dan Kodrat, Ketidakadilan, Teori Feminisme, Gender dalam perspektif Budaya. Isu-isu Gender dalam konteks budaya Indonesia. Pembangunan dan Ge ndedr, Gender da n Transforasi Sosial Budaya, serta Menilai Kembali Peran Perempuan dalam Konteks Kebudayaan Indonesia.
Antropologi Ekonomi Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian  dan teori  Antropologi yang dapat digunakan untuk mengkaji system-sistem ekonomi  masyarakat tradisional dan masyarakat modern.
Antropologi Kesehatan Mata kuliah ini menjelaskan keterkaitan antropologi dengan masalah – masalah kesehatan dan penyakit; pengertian, akar, lingkup kajian dan peranan antropologi kesehatan; pengaruh budaya terhadap kesehatan individual; adaptasi manusia terhadap lingkungan; sistem medis; kebiasaan makan; perilaku kesehatan; dan inovasi kesehatan.
Antropologi Pembangunan Mata kuliah Antropologi Pembangunan berisi kajian pembangunan di negara-negara miskin dan negara-negara  berkembang dilihat dari sudut pandang antropologi. Kajian pembangunan tersebut mencakup konsep-konsep dan teori-teori permbangunan serta penerapannya dalam mendorong perubahan-perubahan sosial budaya menuju pada kehidupan masyarakat yang lebih maju.
Antropologi Pendidikan Menjelaskan keterkaitan antropologi dengan pendidikan, dan kepribadian; konsep dasar pendidikan yang mencakup empat pilar pendidikan dan pendidikan sepanjang hayat; beberapa corak pendidikan dalam masyarakat modern dan sederhana; masalah – masalah pendidikan di daerah pedesaan di Indonesia; pendidikan dan perubahan sosial budaya; dan kurikulum dan guru dalam perspektif budaya.
Antropologi Ekologi Mata kuliah ini memfokuskan pada kajian kompleksitas hubungan antara manusia dan lingkungan mereka. Mata kuliah ini juga menjelaskan populasi manusia secara social diorganisasikan dan diorientasikan oleh makna masing-masing budaya, terjadinya kontak serta dampaknya atas tanah, cuaca, tumbuhan serta hewan yang ada disekitas manusia. Mata kuliah ini juga menjelaskan teori-teori yang dapat menganalisis isu-isu lingkungan seperti Struktural marxis, fungsionalisme, antropologi simbolik serta materialism budaya.
Antropologi Agama Mata kuliah Antropologi Agama membahas ruanglingkup materi antropologi agama, pendekatan antropologi dalam mengkaji agama, hasil-hasil kajian agama dari para sarjana antropologi dan manfaat pendekatan antropologi dalam mengkaji agama bagi kehidupan umat manusia. Dalam kajian antropologi agama juga akan dibahas tentang teori-teori tentang agama sebagaimana yang dikembangkan dalam kajian antropologi.
Struktur Masyarakat Jawa Mata Kuliah ini membahas mengenai konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip struktur masyarakat Jawa.
Etnografi Mata kuliah Etnografi merupakan penggambaran kebudayaan masyarakat suku bangsa atau sebagian diantaranya yang bersifat holistik. Uraian dalam etnografi memerinci unsur kebudayaan yang terdapat dalam masyarakat yang mencakup: bahasa, sistem teknologi, sistem ekonomi, organisasi sosial, sistem pengetahuan, kesenian dan sistem religi. Pada bagian awal etnografi didesdeskripsikan lokasi dan lingkungan geografi, keadaan demografis serta sejarah suku bangsa. Etnografi juga  disertai uraian rinci tentang banyak aspek dari cara berpikir dan berperilaku yang telah membaku pada masyarakat yang dipelajari. Di samping itu dibahas pola umum kehidupan masyarakat yang menjelaskan hubungan antarunsur kebudayaan, misalnya antara unsur ekonomi dan politik, antara kebiasaan yang  disesuaikan dengan lingkungan
Sosiologi Terapan Mata kuliah Sosiologi terapan akan membahas tentang masyarakat sebagai  kenyataanobyektif dan subyektif, humanisme sosiologi , dan penerapan sosiologi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.
Religi & Etika Jawa Mata Kuliah ini membahas mengenai Pengertian Religi, Teori dan Konsep, Tipe-tipe religi di dalam masyarakat Jawa, Pemikiran tentang system kekuasaan dalam kosmologi budaya Jawa, Ruang Lingkup Nilai-nilai dan Etika Jawa, Filsafat Hidup Orang Jawa, Kristalisasi Gaya Hidup, Kepemimpinan Jawa, Masyarakat Jawa dan Modernisasi.
Bentang Sosbud Masyarakat Mata Kuliah ini membicarakan mengenai bentang sosial budaya masyarakat Jawa, yang difokuskan pada konsep bentang sosial budaya, pulau Jawa dan masyarakatnya, karakteristik sosial budaya masyarakat Jawa, kelompok-kelompok sosial budaya masyarkat Jawa, distribusi keruangan dan variasi regional masyarakat Jawa, perbedaan dan persamaan di antara kelompok dalam masyarakat Jawa.
Folklor Jawa Folklor Jawa adalah mata kuliah yang memberikan pengertian tentang hakikat bentuk, kegunaan dan perkembangan dalam masyarakat Jawa juga mempelajari penelitian penelitian folklor serta folklor dalam kaitannya dengan pembangunan.
Keluarga & kekerabatan Membahas tentang pengertian ciri-ciri, fungsi, dan pembagian kerja dalam keluarga serta sistem perkawinan dalam keitannya dengan sistem kekerabatan, jenis-jenis kelompok kekerabatan, peranan, fungsi-fungsi dan prinsip ikatan kekerabatan.
Pembelajaran Inovasi Sosio Matakuliah ini berisi penjelasan mengenai strategi, pendekatan, dan model pembelajaran, perbedaan antara pendekatan pembelajarn konvensional dan pendekatan  pembelajaran kontekstual, serta berbagai model pembelajarn inovatif.