Riset Bersama Sosant UNNES-Sosiologi UTM di Tanah Madura

Tanggal 25-28 September 2018 menjadi momen istimewa bagi UNNES dan Univ Trunojoyo Madura (UTM). Pada rentang waktu tersebut, telah dilakukan Riset Bersama tentang Sapi Sonok Madura di Desa Dempo Timur, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan. Sapi sonok sendiri merupakan salah satu bentuk aktualisasi sistem sosial budaya Madura yang khas. Kontes sapi sonok atau sapi cantik adalah sisi lain dari bagaimana sapi menjadi bagian dari denyut nadi masyarakat pedesaan Madura, selain dari sapi kerapan.

Penelitian ini dipayungi oleh kegiatan Kuliah Lapangan Masyarakat dan Kebudayaan yang secara rutin dilakukan oleh Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES pada tiap tahunnya. Kegiatan ini diikuti oleh 81 mahasiswa serta 6 dosen Sosant UNNES dan 20 mahasiswa beserta 4 dosen UTM.

Menurut koordinator Kuliah Lapangan , Hartati Sulistyo Rini, S.Sos, M.A., hal ini terlaksana bukan hanya sebagai bagian dari perkuliahan lapangan yg melatih mahasiswa utk melakukan penelitian lapangan. Adanya kolaborasi ini adalah juga bagian dari komitmen Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES utk memperluas jejaring tri dharma perguruan tinggi sebagai modal sosial yang memperkuat kelembagaan dan kualitas penelitian.

Hasil dari riset ini akan disusun dan dipublikasikan bersama oleh kedua belah pihak. Riset ini diharapkan akan memperkuat khazanah kebhinekaan Indonesia dalam perspektif Sosiologi dan Antropologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *